Jumat, 09 Desember 2011

Tips Memilih Rumah


Rumah merupakan kebutuhan dasar manusia selain sandang dan pangan. Dalam perkembangannya ternyata rumah juga merupakan alternatif investasi yang menarik dengan harapan capital gain yang akan di terima di masa depan.. Kawasan perumahan yang baru di bangun di tempat-tempat strategis merupakan salah satu alternatif pilihan yang tepat bagi penanaman investasi di bidang perumahan, baik dari segi harga, fasilitas dan kenyamanan. Sebagai contoh perumahan yang baru dibangun di tempat yang berdekatan dengan taman rekreasi, pasar maupun pusat hiburan,tempat strategis ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat modern akan suatu kebutuhan rumah selain untuk tempat tinggal juga tempat rekreasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan perumahan khususnya tipe cluster.




Melihat fungsi rumah sebagai tempat berlindung dan ditinggali selamanya, maka memilih rumah harus dilakukan dengan langkah hati-hati dan bijak. Dengan tawaran yang beragam, pilihan Anda menjadi lebih luas. Dalam memilih rumah di “perumahan / real estate”, yang perlu diingat adalah faktor lokasi sebagai faktor utama dalam memilih rumah.



Saat ini ada banyak sekali rumah yang ditawarkan penjual, baik yang berada di dalam kompleks perumahan maupun di luar kompleks perumahan. Rumah-rumah itu ditawarkan oleh banyak pihak, antara lain pengembang perumahan itu sendiri, broker properti, dan orang yang akan menjual rumahnya. Untuk mendapatkan lokasi perumahan yang sesuai dengan kriteria, banyak jalan yang kita gunakan untuk mendapatkan rumah impian, salah satunya yaitu melalui website http://century21.co.id. Website ini merupakan sarana yang tepat bagi Anda dalam mencari rumah yang anda idamkan.  http://century21.co.id merupakan website broker properti  dimana anda dapat mencari rumah dan atau mempromosikan rumah di website tersebut.  http://century21.co.id merupakan website dunia properti terbaik.





Bagaimana tips memilih rumah yang terletak di perumahan? agar tidak salah langkah dalam memilih rumah, khususnya rumah yang baru di bangun, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilihnya. :



Kenali reputasi penjual (perorangan atau developer).

Jangan melakukan transaksi jual beli di bawah tangan, artinya apabila rumah yang akan dibeli masih dalam status dijaminkan di bank, maka lakukanlah pengalihan kredit pada Bank yang bersangkutan dan dibuat akte jual beli di hadapan notaris. Jangan sekali-kali melakukan transaksi pengalihan kredit “di bawah tangan”, artinya atas dasar kepercayaan saja dan tanda buktinya hanya berupa kwitansi biasa, karena bank tidak mengakui transaksi yang seperti ini.



Developer

Cari lah informasi apakah developer yang bersangkutan dapat tepat waktu dalam penyerahan rumah-rumah yang dipasarkan pada proyek sebelumnya. Termasuk apakah sertifikat atas rumah-rumah tersebut juga dapat tepat waktu diberikan kepada pembeli sesuai perjanjian. Dalam beberapa kasus hukum yang terjadi dimana pengembang kinjung memberikan sertifikat atas rumah tersebut kepada pembelinya. Yang perlu menjadi perhatian adalah Anda sebagai pembeli bagaimanapun tidak akan memenangkan kasus hukum yang Anda perkarakan dengan pihak pengembang.



Tema dan Masterplan

Setiap pengembang pasti menentukan tema dan masterplan proyek perumahannya. Hal ini dapat dilihat dari brosur atau promosi iklan mereka. Kalau tema dan masterplan-nya adalah kota hijau, maka di kawasan tersebut tentunya tidak dibangun industri atau berdekatan dengan kawasan industri.







Suplai Air Bersih

Masalah air bersih di kerap menjadi persoalan klasik. Hingga kini pun masalah tersebut belum terpecahkan, meskipun telah ada nya perusahaan daerah air minum (PDAM). Pasokan air bersih ke rumah warga sering tersendat, bahkan macet sama sekali. Dalam hal ini, solusi yang tepat adalah menggunakan air sumur. Namun, tidak selamanya air sumur adalah pilihan yang terbaik. Kini semakin sering kita mendengar bahwa air sumur terkontaminasi air laut atau limbah industri. Kalau dikonsumsi selama bertahun-tahun bisa membahayakan kesehatan. Untuk itu, Anda harus menanyakan kepada pihak developer, bagaimana pasokan air bersih di lokasi perumahan miliknya, bagaimana suplai air di tempat tersebut, apakah di lokasi tersebut sudah ada aliran PDAM atau menggunakan air sumur.



Kualitas Bangunan

Tanyakan lah kepada developer tentang bahan-bahan dari rumah tersebut, seperti atap, perumahan tersebut menggunakan atap yang seperti apa, sesuaikan lah dengan selera  Anda. kualitas semen, dengan kualitas semen yang baik yang digunakan untuk pondasi, lantai, tembok dan lainnya maka rumah pun akan terlihat kokoh.  



Fasilitas Umum

Fasilitas umum ini merupakan salah satu peran penting untuk kenyaman dan keamanan. Sebagai ontoh adanya pasar yang letaknya tidak jauh dari lokasi perumahan. Tempat ibadah, taman kota, sarana olah raga dan lain sebagai nya merupakan peran penting untuk menunjang kenyamanan di lingkungan perumahan.








3 komentar: